October 20, 2019
  • 1:02 am Mengenal Kelebihan dan Kekurangan dari Linux

Di era industri 4.0 sekarang, siapa yang tidak mengenal Linux? Sistem operasi ini telah banyak digunakan oleh masyarakat, baik kalangan menengah ke atas dan menengah ke bawah. Bersaing dengan windows dan OS X, Linux memiliki spesifikasi yang menarik dan dapat dioperasikan di beberapa jenis perangkat keras komputer, seperti komputer desktop, supercomputer,embedded system, playstation, telepon genggam, dan router.

Linux diperkenalkan pertama kali oleh Linux Torvalds pada tahun 1991. Utilitas dan pustakanya berasal dari sistem operasi GNU. Sistem inilah yang nantinya dipakai untuk alternatif GNU atau Linux.

Linux memang tumbuh luar biasa bahkan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer besar, seperti Dell, Intel, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Red Hat, Oracle Corporation, dan Sun Microsytem. Oleh karena itu, Linux menjadi sistem operasi pilihan oleh para pengguna komputer, termasuk indonesia dan bisa bersaing dengan sistem operasi terkenal, seperti Windows dan OS X.

Semua itu tidak terlepas pada kelebihan dan kekurangan dari Linux sendiri. Memangnya, apa kelebihan dan kekurangan dari Linux sehingga dapat menjadi sistem operasi yang populer? Yuk, simak artikel ini sampai habis. Pada kesempatan ini, kita akan menjelaskan secara detail terkait keunggulan dari Linux.

1.    Gratis lisensinya

Jika kalian memakai Windows, maka akan mendapatkan lisensi yang berbayar. Hal ini menunjukkan bahwa Windows tidak bebas digunakan oleh pengguna. Kalian harus membayar lisensi seharga 3 – 5 juta sehingga anda terbebas dari sistem operasi bajakan.

Namun, Linux memiliki lisensi yang gratis dan dapat digunakan oleh semua pengguna. Hal ini berarti sistem operasi Linux bersifat terbuka atau open source. Selain itu, Linux dapat dimodifikasi sesuai keinginan dari pengguna.

2.    Minim terkena virus

Bukan berarti Linux tidak dapat terkena virus. Melainkan, Linux memiliki sistem keamanan yang ketat sehingga risiko terkena virus dapat terminimalisir. Misalkan, Linux mengharuskan pengguna untuk menjadi administrator pada program tertentu atau membuat kode-kode khusus.

Contoh keamanan lain dari Linux adalah aplikasi diinstal dengan menggunakan repository online. Dibandingkan dengan Linux, Windows tidak memiliki keamanan yang cukup sempurna. Windows sering tersusupi virus dari file yang didownload secara online. Selain itu, orang-orang juga jarang membuat virus di ekstensi aplikasi Linux.

3.    Aplikasi bawaan yang cukup lengkap

Jangan khawatir kalau Linux memiliki minim aplikasi. Setelah Linux terinstal di komputer anda, maka anda akan mendapatkan beberapa aplikasi bawaan secara lengkap. Selain itu, aplikasi perkantoran, pengarsipan, multimedia, dan berbagai aplikasi lainnya telah disediakan sejak awal sehingga anda tidak perlu untuk menginstal aplikasi tambahan lagi. Cukup lengkap bukan?

4.    Tidak perlu instal driver

Terkadang, kita agak terganggu dengan penginstalan driver pada komputer. Apalagi, jika komputer tidak dilengkapi dengan driver, maka kita sendiri harus mencari driver dari setiap perangkat yang terdapat pada komputer, seperti VGA, LAN, Audio, wireless, dll.

Hal itu tidak perlu dikhawatirkan lagi karena Linux mampu mendukung driver komputer anda. Sehingga, kita dapat menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan cepat dan tepat waktu.

5.    Memiliki software center yang lengkap

Terkadang, jika kita ingin menginstal software tertentu, maka kita harus mencari terlebih dulu secara online. Bahkan, komputer anda bisa terkena virus karena software yang kita download sehingga komputer menjadi rusak dan harus diinstal ulang.

Semua itu dapat diatasi oleh Linux karena memiliki aplikasi software center yang relatif lengkap. Software center ini membantu anda untuk menginstal aplikasi dengan mudah dan cepat, layaknya google play di handphone. 

6.    Tampilan yang refreshing dan keren

Keunggulan lain dari Linux adalah tampilan antarmuka yang segar dan dapat diubah sesuai keinginan pengguna. Tampilan GUI Linux memiliki ciri khas sendiri sehingga membuat kita nyaman dan betah berlama-lama untuk mengoperasikannya.

7.    Dapat mencoba terlebih dulu

Jika kalian yang baru pertama kali menggunakan Linux, maka Linux memiliki fitur “try it before you install it”, yakni mencoba untuk memakai Linux tanpa perlu menginstal terlebih dulu. Jika anda sudah mahir, maka anda bisa menginstal Linux tersebut. Keren bukan?

Selain itu, Linux juga memiliki fitur “install Linux inside windows”, yakni anda dapat menginstal Linux ke dalam sistem operasi Windows. Sehingga, jika ada suatu hal yang terjadi, maka anda dapat me-remove-nya melalui control panel di Windows. Akhirnya, komputer anda pun bisa kembali seperti semula.

Semua fitur ini tidak memiliki risiko sehingga komputer anda bisa tetap aman dan tidak rusak.

8.    Boot time dan shutdown time yang cepat

Terkadang, kita menjumpai boot dan shutdown time yang begitu lama di Windows. Hal itu disebabkan karena beberapa faktor, seperti terkena virus, komputer yang lemot, dll. Sedangkan, Linux memiliki boot dan shutdown time yang relatif cepat.

9.    Memiliki variasi distro yang banyak

Keunggulan lain dari Linux adalah memiliki variasi distro yang banyak. Para developer memilih Linux karena sistem operasi yang open source atau gratis. Sehingga, para developer tergerak untuk membuat variasi dari Linux, seperti Ubuntu, Linux mint, Debian, hingga Linux.

Dibandingkan Windows, Linux memiliki tampilan yang tidak membosankan dan nyaman, sehingga orang-orang betah mengoperasikan Linux dengan lama. Tak heran bahwa Linux sering dipakai oleh hacker.

Linux tidak hanya memiliki kelebihan saja tetapi juga memiliki kekurangan bagi para penggunanya. Sebelum anda mencoba Linux, sebaiknya kita juga harus mengetahui terkait kekurangan dari Linux.

1.     Kurang cocok untuk bermain game

Kekurangan yang paling dirasakan oleh pengguna saat ini adalah aplikasi game yang sangat sedikit. Dibandingkan dengan Linux, Windows memiliki aplikasi game yang lebih banyak. Tentunya, hal ini membuat pengalaman bermain game untuk para pengguna atau user menjadi kurang menyenangkan. Sebenarnya, hal ini tergantung pada penggunanya sendiri, apakah mereka menggunakan Linux untuk bermain game atau tidak.

2.    Aplikasi software yang sedikit

Kebutuhan orang memang berbeda-beda termasuk juga aplikasi komputer yang digunakan oleh setiap pengguna. Dibandingkan dengan Windows dan OS X, Linux memiliki jumlah aplikasi yang sedikit. Hal ini disebabkan karena pengembangan aplikasi membutuhkan waktu yang lama. Meskipun demikian, masalah ini dapat diatasi seiring dengan perjalanan waktu. Pada akhirnya, Linux mampu sebanding dengan sistem operasi terkenal lainnya, seperti Windows dan OS X.

3.    Perlu adanya adaptasi lagi

Bagi pengguna yang baru menjalankan Linux, mungkin anda membutuhkan adaptasi terlebih dulu terhadap tampilan dari Linux. Bahkan, anda harus terbiasa dengan terminal, root, dan masalah lainnya yang mungkin belum terpikir. Pada beberapa kasus, anda akan merasa terganggu dan kesulitan untuk mengoperasikan Linux.

Walaupun demikian, hal ini dapat diatasi dengan mudah seiring dengan belajar. Pada umumnya, pengguna tidak perlu mengetahui secara detail untuk mengoperasikan Linux. Dengan kata lain, mereka menggunakan aplikasi Linux seperlunya saja.

Qopi.info

LEAVE A COMMENT